1.15.2010

Insiden Truk Maut.

Sebelum mulai dengan apa yang bener-bener pengan saya nulis di entri kali ini, saya mau ngasi informasi kepada para pembaca setia tulisan saya kalo saya berenti ngimpor entri blog ini ke facebook dalam bentuk notes. Jadi buat temen-temen yang mau baca tulisan-tulisan saya sering-sering surfing ke blog ini, ya!

Oke, mari kita mulai. Empat hari ke belakang saya habisin dengan ikutan acaranya KM ITB, Diklat Aktivis Terpusat (DAT), yang katanya merupakan diklat buat "kader-kader terbaik himpunan". Boong banget, kader terbaik himpunan mah ga perlu ikut diklat gituan, kader terbaik himpunan bakalan diem di himpunan dan ngurus himpunannya. Eniwei, terbaik ato ga terbaik, saya ikutan DAT sebagai perwakilan dari Nymphaea bareng Gita, Elgi, dan Dodi. Alesan saya ikutan diklat itu adalah pengen bisa kenalan sama anak2 ITB dari himpunan2 laen dan unit2, sekalian pengen tau sebenarnya anak ITB tu kayak gimana. Soalnya kalo dalam skala ITB, saya masi tergolong ansos--jarang ikutan kepanitiaan macem2 dan jarang nongkrong di CC barat.

Dan hal yang saya dapetin dari DAT adalah:
  1. Anak ITB suka berwacana dan bertele-tele.
  2. Pembicaraan tentang posisi, peran, dan fungsi mahasiswa adalah pembicaraan yang panjang dan bikin ngantuk, bahkan mengawang-awang (masa saya disuruh bikin padi rekayasa genetika buat dijualin sama pengemis supaya mereka ga minta-minta? emangnya rekayasa genetika gampang, mas?!).
  3. Pengamalan ilmu dalam Pengabdian Masyarakat adalah bedanya mahasiswa bertanggung jawab sama mahasiswa abal-abal.
  4. Ide itu priceless.
  5. Pendidikan di Indonesia belum bisa bikin siswa didik tau tau bakatnya yang sebenernya.
  6. Nymphaea, menurut saya, masih tergolong cupu kalo dibandingin ama himpunan yang laen (karya kita gak keliatan, temen-temen!!!).
Namun semua yang saya dapet dalam tiga hari pertama itu menguap habis pada hari keempat. Gara-gara suatu kejadian berbahaya, menantang, menegangkan, yang saya beri nama.... INSIDEN TRUK MAUT!!!

jengjengjeng...(SFX film thriller)

Sebagai kegiatan penutup, peserta DAT diajakin buat berkunjung ke desa binaan KM-ITB di Cililin, namanya Desa Kidang Pananjung. Desa ini masi cukup jauh dari peradaban, letaknya di gunung, dengan jalan yang NUANJAK dan banyak lobang. Dari asrama DAT di Ciburial, kita naek angkot nyampe Desa Cililin, trus disambung dengan truk pickup buat mengarungi (cie bahasanya) jalan nanjak ke Desa Kidang Pananjung.

Nah, di truk brengsek inilah terjadi pergolakan hidup dan mati melawan maut.


Jenis truk maut pembawa bencana.


Liat gambar truknya. Liat dinding baknya yang pendek, pemisah antara hidup dan mati penumpang yang berjejal di atasnya...

Satu truk dinaikin sama...saya ga tau tepatnya, pokoknya banyakan. Kita semua berjejalan di atas bak terbuka kepanasan kayak sapi. Tapi kayaknya sapi lebih berharga dari kita, soalnya truk yang dipake buat ngangkut sapi dindingnya lebih tinggi dari itu. Kok bisa, ya truk kayak gitu bisa jadi transportasi yang mengancam nyawa? apakah saya berlebihan? Silakan lanjutkan membaca.

Tadi, kan saya udah bilang kalo jalanan menuju Desa Kidang Pananjung itu nanjak banget dan bolong-bolong. Nah, sekarang bayangin kalo orang banyak berjejalan naek di atas bak truk yang kayak gitu di jalanan yang nanjak. Ketika si truk jalan ke satu arah, otomatis berat orang-orang bakal terkonsentrasi ke arah sebaliknya (kalo truk jalannya nanjak, berarti berat terkonsentrasi ke arah belakang dan sebagainya. It's a little thing they called "gravity" and "sentripetal force"), akibatnya mau gak mau orang yang diem di pinggir-pinggir harus nahan berat berpuluh-puluh orang di depannya. Dengan dinding bak yang sependek itu, kalo gak ditahan orang-orang bisa pada jatuh kelempar keluar pas jalan nanjak ato belok. Bayangin orang-orang yang berdiri di pinggir nahan beban berpuluh-puluh orang di depannya sambil berusaha supaya mereka sendiri ga jatoh kelempar dari truk dibatasin sama dinding setebel 5 senti dari besi yang tingginya cuman sepinggang. HOROR.

Truk engkel bak pendek + banyak orang + jalanan nanjak dan bolong-bolong = MAUT

Beberapa temen saya hampir kelempar keluar, beberapa lagi jadi dendeng kejepit pantat orang dan dinding bak. Si Brian, anak geologi pantatnya udah di luar truk, bakal jatoh kalo nggak ditahan. Saya sendiri hampir jatoh (meskipun ga separah si Brian), dan kacamata saya hampir patah ketindihan badan orang. Bener-bener horor. Lima belas menit pertama perjalanan emang lucu, masih banyak yang ketawa-ketawa dan ngerokok, tapi di sisa perjalanan udah gak ada yang lucu lagi. Cuman rasa takut dan kesel yang nyisa. Kata yang paling diucapin sama saya dan temen-temen yang ikut naek di truk tiap tanjakan ato belokan adalah "ANJIIIIIIIIIIINGGGGG....!!!!!!"

Materi selama tiga hari, pun menguap semua seiring kata-kata makian kita pada panitia. Roller coaster dufan kagak ada apa-apanya dibandingin truk maut sialan itu. Kalo di roller coaster ada pengamannya, sedangkan di truk maut gak ada. Belum lagi taruhannya nyawa. Kata temen sekelompok saya, si Gata dari KMPN, sodaranya ada yang jatoh dari jip trus lumpuh dan akhirnya mati. Bayangin, cuman dari mobil jip aja udah kayak gitu apalagi dari truk yang setinggi itu?!

Alhamdulillah gak ada yang bener-bener jatoh seperti yang ditakutin (kecuali dompet si Brian). Di perjalanan pulang, kita gak berenti-berenti ngomongin soal pengalaman di truk maut. Tapi meskipun pas kita ngalamin rasanya takut banget setengah mati, ternyata setelah kita ngelaluinnya dengan selamat rasanya lucu juga. Kita ketawa-ketawa sambil ngomongin kejadian itu. Si Gata bahkan bilang:
"Mencurangi kematian itu adalah hal yang luar biasa, anjing".

Pokoknya setelah pengalaman truk maut saya jadi sadar kalo hidup itu berharga, jangan disia-siain. I learn that the hard way...

Gobloknya, di kontrak belajar panitia bikin aturan kayak gini:
Dilarang membeli makanan dan minuman di sekitar area DAT.
Pas ditanya apa alesannya, panitia ngejawab "Soalnya kami gak yakin sama kesehatan jajanan di sini, kami khawatir sama kesehatan kalian."

Khawatir mbahmu!!! Nyawa kita hampir melayang, tauk!!!

1 komentar:

  1. DAT ga akan jadi lebih seru kalo ga ada truk pembawa bencana

    BalasHapus