1.15.2010

THE INCREDIBLE LAST-MINUTE MAN

Kalau ada yang nanya apa hal paling berguna yang saya pelajarin selama semester pertama saya kuliah di jurusan biologi ITB, mungkin itu adalah sebuah fakta yang akhir-akhir ini selalu saya temuin:
“Di saat waktu mepet, segala sesuatu yang bisa kacau akan kacau.”

Oke, mungkin gak selalu kayak gitu. Banyak orang mungkin gak setuju. Fine, mungkin itu bukan fakta, mungkin itu murni pemikiran saya. Itu adalah sebuah teori. Kalo boleh, saya bakal menyebutnya Teori Strangeman.

Teori kayak gitu dateng dari kerepotan saya dan temen-temen dalam bikin laporan praktikum tiap minggu. Jadi ceritanya, banyak di antara kita adalah deadliner, orang-orang yang selalu menyelesaikan pekerjaan di saat-saat terakhir. Dan di saat-saat terakhir, seperti yang selalu saya alamin, semuanya selalu mendadak jadi gak beres. Misalnya, saya dan temen-temen sering nge-print di printer sekre himpunan. Printer di sekre bisa print warna, dan yang paling penting, nge-print di sana bisa ngutang (namanya juga mahasiswa…). Nah, sering banget pas kita baru selesai ngerjain laporan subuh-subuh di hari laporannya harus dikumpulin, kita nyoba ngeprint di sekre, dan BZZZZT!!!! Printernya tiba-tiba bermasalah—mendadak nge-jam, lah; tinta abis, lah; kertas abis, lah; padahal pas sore sebelumnya tuh printer terkutuk masih baek-baek aja!!! Hal-hal kayak gitu sering diperburuk sama kita yang gak ada antisipasi. Akhirnya, pagi hari di awal minggu diabisin dengan memaki-maki printer sambil nyari tempat ngeprint yang udah buka jam tujuh pagi.

Atau contoh lain, pas Musyawarah Anggota himpunan saya ditugasin buat ngumpulin 50 orang anak angkatan saya buat menuhin kuorum. Pas hari-H ternyata yang dateng cuman 40-an. MA-nya diundur beberapa menit karena kuorum belum terpenuhi. Akhirnya saya telfonin anak-anak yang ga dateng atau gak kejarkom buat dateng cepet-cepet. Ajaib, mendadak tiap nomor gak aktif, mendadak tiap telfon saya agak diangkat (padahal tiap saya mencet tombol “call” dan nelfon mereka secara gak sengaja, mereka angkat telfonnya, bikin pulsa saya morotin), dan orang-orang yang bilang ke saya mereka bakal dateng tiba-tiba pacarnya sakit atau apalah. Dan masi banyak contoh-contoh lainnya. Hal-hal kayak gini selalu terjadi dalam hidup saya ketika waktu mepet. Selalu. Oke, hampir selalu.

Tapi anehnya, somehow, saya selalu survive. Somehow, saya bisa ngumpulin laporan dan memulai MA (meski agak telat dikit) meskipun harus melalui krisis-waktu-mepet tersebut. Dan krisis yang saya alamin (hampir) selalu gagal bikin saya lebih waspada dan lebih berantisipasi sesudahnya. Krisis ini saya alamin tiap kali ada tugas laporan—tiap minggu, dalam satu semester. Tapi sekali lagi, somehow, saya selalu survive. Dengan segala kerepotan, tentunya. Tapi saya survive. Saya selalu berhasil melakukan apapun itu yang saya lakukan meskipun waktunya mepet. Hal ini bikin saya mikir, kalo jadi seorang deadliner, atau saya lebih suka menyebut diri saya The Incredible Last Minute Man, ga begitu buruk. Iya, kan?!

Terjebak dalam suasana krisis ketika waktu yang saya punya cuman sedikit maksa saya buat mikir dengan cara yang berbeda (lebih kreatif dan proaktif), bertindak dengan cara yang berbeda, dan ngajarin saya untuk berusaha tetap tenang dalam situasi tersebut. Maksud saya, saya belajar buat ngerti kalo sebenarnya sesulit apapun masalah yang terjadi dalam hidup seorang manusia, lambat laun pasti kita akan bisa menyelesaikannya asal kita gak nyerah. Ya, gak boleh nyerahpada situasi apapun juga adalah satu pelajaran yang saya pelajarin di semester ini. Saya pikir, permasalahan yang bakal saya hadapin di masa depan bakalan lebih sulit daripada bikin laporan atau praktikum empat kali seminggu. Belum lagi tanggung jawab yang makin bertambah seiring bertambahnya umur. Mungkin kehidupan di luar sana jauh lebih bikin frustasi daripada kehidupan di kampus, dan untuk memecahkan masalah mungkin kita harus punya cara pikir yang berbeda atau lebih advance dari cara pikir kita sekarang. Makanya, “sedikit” krisis mungkin bisa kita jadiin salah satu cara ngebiasain diri nyelesein masalah sulit supaya kita bisa bertahan di kehidupan nyata.

Well, intinya, saya pengen bilang kalo apapun yang temen-temen lakukan, lakukanlah dengan sekuat tenaga. Menyerah bukan pilihan yang bijaksana. Seberapa sulit pun krisis yang temen-temen laluin, seberapa pun terbatasnya sumber daya atau waktu yang temen-temen punya, apa yang temen-temen pengen pasti bisa temen-temen dapetin asalkan temen-temen maksa dan ngotot buat terus usaha. Jadi, yah, JANGAN MENYERAH!!!

Btw, betapapun saya mikir kalo ada hikmah di balik ngerjain laporan yang menumpuk-numpuk tiap minggu, saya tetep pengen bilang kalo laporan sucks. Sekali lagi, LAPORAN SUCKS!!!

1 komentar:

  1. Laporan, sucks apa nggak, itu tergantung yang bikin. hahaha.

    BalasHapus